Rabu, 07 Desember 2016

TELKOMUNIKASI DAN JARINGAN


TELKOMUNIKASI DAN JARINGAN
 JARINGAN PERUSAHAAN
Telekomunikasi dan teknologi jaringan adalah bisnis dan kumoulan antar jejaring dan perubahan cepat.internet,situs,serta internet dan ekstranet adalah proses bisnis jaringan dan karyawan bersama yang menghubungkan mereka kepada pelanggan,pemasok dan pemangku bisnis mereka lainnya .

KONSEP DARI SEBUAH JARINGAN
Istilah jaringan berarti sebuah rantai,kelompok atau sistem yang saling terkoneksi atau saling terhubung.konsep dari jaringan dapat ditunjukkan sebagai sebuah formula matematika yang mengalkulasi jumlah koneksi yang mungkin atau interaksi dalam lingkungan komunikasi satu arah: N/(N-1),atau N²-N.
Hukum Metcalfe
Hukum Metcalfe menyatakan bahwa kegunaan,atau utilitas dari sebuah jaringan setara dengan penguadratan jumlah pengguna.
Hukum metcalfe menjadi mudah untuk dipahami  jika anda berpikir bagian umum dari teknologi yang kita gunakan setiap hari.telepon digunakan secara sangat terbatas hanya jika anda dan teman and memilikinya .jika seluruh kota ada dalam sistem ,ini menjadi lebih bermanfaat.

TREN DALAM KOMUNIKASI
Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dalam segala bentuk (suara,data,teks,tampilan,audio video) di seluruh jaringan.tren-tren utama yang bermunculan dalam bidang telekomunikasi telah berdampak signifikan dalam manajemen keputusan di area ini. Oleh sebab itu,tren tren dalam industri telekomunikasi ,teknologi dan aplikasi yang secara signifikan menambah alternatif keputusan menghadapi manajer  dan pelaku bisnis.



Tren Industri
Industri telekomunikasi telah berubah dari monopoli yang diatur oleh pemenrintah menjadi sebuah pasar deregulasi dengan pemasok kompetitif yang sengit dari layanan telekomunikasi.
Tren Teknologi
Teknologi jaringan internet adalah pengarah teknologi telekomunikasi yang utama saat ini. Sederetan penjelajah situs HTML,server internet,dan intranet perangkat lunak manajemen jaringan,produkjejaring internet TPC/IP dan dinding keamanan adalah beberapa contohnya.teknologi ini sedang diterapkan dalam aplikasi internet,intranet dan ekstranet khususnya untuk pedagang komersial dan kolaborasi.
Tren Aplikasi Bisnis
Perubahan dalam industri telekomukikasi dan teknologi telah disebutkan sebagai penyebab perubahan yang signifikan dalam penggunaan bisnis telekomunikasi. Jaringan telekomunikasi saat ini memainkan peranan penting dan menembus dalam bisnis elektronik berbentu situs,perdagangan komersial,kolaborasi perusahaan,dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung operasi,manajemen,dan tujuan strategis, untuk bisnis perusahaan besar maupun kecil.
Internet2
Internet2 adalah jaringan berkinerja tinggi yang menggunakan infrastruktur yang berbeda secara keseluruhan dibandingkan dengan internet publik yang kita kenal saat ini. Sudah 200 universitas dan institusi ilmiah dan 60 korporasi komunikasi mengambil bagian terhadap jaringan internet2.

NILAI BISNIS DAN JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Penggunaan internet,intranet,ekstranet dan jaringan telekomunikasi lainnya dapat secara dramatis memotong biaya,mempersingkat jeda waktu dan waktu respons,mendukung perdagangan komersial ,meningkatkan kolaborasi kelompok kerja,membangun proses operasional online,membagi sumberdaya,mengunci pelanggan dan pemasok,dan mengembangkan produk dan layanan baru.manfaat ini membuat aplikasi dari telekomunikasi menjadi lebih strategis dan penting untuk bisnis yang harus menambah temuan cara baru untuk berkompetisi,dalam pasar domestik maupun global.



REVOLUSI INTERNET
Ledakan pertumbuhan dari internet merupakan fenomena revolusioner dalam komputasi dan telekomnukasi.internet telah menjadi jaringan terbesar dan paling penting dari jaringan saat ini dan berkembang kedalam informasi global super bebas hambatan.
Penyedia Layanan Internet
Sebuah ISP,atau inernet service provider (penyedia layanan internet) adalah sebuah perusahaan yang mnyediakan akses internet kepada individu dan organisasi.dengan biaya bulanan,penyedia layanan memberikan anda sebuah paketan perangkat lunak,nama pengguna,kata sandi dan akses nomor telepon atau akses protokol.
Aplikasi Internet
Aplikasi internet yang paling populer diantaranya adalah surat elektronik,pesan cepat,penjelajah situs di situs seluruh dunia,dan berpartisipasi dalam kelompok berita(newsgroup) dan ruang obrolan(chat room).
Pencarian online untuk informasi dalam laman situs dalam berbagai cara dengan menggunakan situs pencarian dan mesin pencari seperti; yahoo!,google,fast search dll.
Kegunaan Bisnis Dari Internet
Perusahaan juga menggunakan teknologi internet untuk pemasaran,penjualan dan aplikasi manajemen hubungan pelanggan,selain itu juga aplikasi bisnis antarfungsional,aplikasi mesin,manufaktur,sumberdaya manusia dan akuntansi.
Nilai Bisnis Internet
Perusahaan membangun laman situs bisnis elektronik dari perdagangan komersial untuk mencapai enam nilai bisnis utama;
1.      Menghasilkan penerimaan baru dari penjualan online
2.      Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan
3.      Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan situs,serta penjualan online
4.      Meningkatkan loyalitas dari pelanggan saat ini melalui pelayaan dan dukungan situs pelanggan yang ditingkatkan
5.      Mengembangkan saluran pemasaran dan distribusi berbasis situs baru untuk produk yang sudah ada
6.      Mengembangkan produk baru berbasis informasi yang dapat diakses di situs

PERANAN INTRANET
Intranet merupakan sebuah jaringan di dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi internet(seperti penjelajah situs server,protokol,jaringan TCP/IP,publikasi dan basis data dokumen hipermedia HTML,dll) untuk menyediakan lingkungan serupa internet dalam perusahaan untuk berbagi informasi,komunikasi,kolaborasi dan pendukung proses bisnis.
Nilai  Bisnis Dari Intranet
Satu cara dimana perusahaan mengorganisasi aplikasi intranet adalah mengelompokkan mereka ke dalam beberapa kategori layanan pengguna yang merefleksikan layanan dasar yang ditawarkan intranet ke pengguna mereka.intranet mnyediakan sebuah portal informasi perusahaan yang mendukung komunikasi dan kolaborasi,publikasi situs,operasi dan manajemen bisnis,dan manajemen portal intranet.

PERANAN EKSTRANET
Ekstranet adalah tautan jaringan yang menggunakan teknologi internet untuk saling menghubungkan intranet dari sebuah bisnis dengan intranet pelanggan ,pemasok atau mitra bisnis lainnya.perusahaan dapat membuat tautan jaringan pribadi diantara mereka sendiri atau menciptakan tautan internet pribadi yang aman yang disebut dengan jaringan virtual pribadi (virtual private betwork-VPN).
Nilai Bisnis Dari Ekstranet
Nilai bisnis dari ekstranet berasal dari beberapa faktor .pertama,teknologi penjelajah situs dari ekstranet membuat pelanggan dan pemasok mengakses sumberdaya intranet jauh lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan metode bisnis sebelumnya. Kedua,sebuah perusahaan untuk menawarkan berbagai interaktif baru jenis layanan berbantu situs kepada mitra bisnis mereka.

Alternatif Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah sebuah teknis tingkat tinggi, bidang teknologi sistem informasi yang berubah dengan cepat. Kebanyakan pelaku bisnis tidak memerlukan pengetahuan terperinci dari karakteristik teknis. Meskipun begitu, penting bagi Anda memahami beberapa karakteristik penting dari komponen dasar jaringan telekomunikasi. Pemahaman ini akan membantu Anda berpartisipasi secara efektif dalam pembuatan Keputusan tentang alternatif telekomunikasi.




Model Jaringan Telekomunikasi
Jaringan komunikasi merupakan pengaturan apa pun di mana si pengirim mentransmisikan sebuah pesan kepada si penerima melalui sebuah saluran yang berisi beberapa jenis medium.
Lima kategori komponen dasar :
1.        Terminal, seperti jaringan komputer pribadi, jaringan komputer, atau peralatan informasi.
2.        Prosesor telekomunikasi, yang mendukung transmisi data dan penerimaan antara terminal dan komputer.
3.        Melalui saluran telekomunikasi data ditransmisikan dan diterima.
4.        Komputer dari segala ukuran dan jenis yang terinterkoneksi oleh jaringan telekomunikasi, sehingga mereka dapat menjalankan tugas pengolahan informasi.
5.        Perangkat lunak pengendali telekomunikasi terdiri atas program yang mengendalikan aktivitas telekomunikasi dan mengelola fungsi dari jaringan telekomunikasi.



Jenis-jenis jaringan telekomunikasi :
1.        Jaringan area luas : Jaringan telekomunikasi melingkupi area geografis yang luas. Jaringan yang melingkupi satu kota yang luas atau area metropolitan (metropolitan area Networks) dapat juga termasuk dalam kategori ini.
2.        Jaringan area lokal : (Local area Networks – LAN) menghubungkan komputer dan perangkat pengolahan informasi lainnya dalam area fisik terbatas, seperti kantor, ruang kelas, gedung, pabrik manufaktur, atau lokasi kerja lain.
3.        Jaringan virtual pribadi : Banyak organisasi menggunakan jaringan virtual pribadi (virtual private Networks – VPN) untuk membangun intranet dan ekstranet yang terlindungi.
4.        Jaringan klien/server : telah menjadi arsitektur informasi utama dari komputasi di seluruh perusahaan. Dalam jaringan klien/server, pengguna akhir PC atau stasiun kerja NC adalah klien.



 

Komputasi Jaringan
Pertumbuhan ketergantungan pada perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya data komputer dari internet, intranet, ekstranet, dan jaringan lain telah menitikberatkan bahwa, bagi banyak pengguna, “jaringan adalah komputer.” Komputasi jaringan ini atau konsep jaringan sentris menampilkan jaringan sebagai sumber daya komputasi sentral dari lingkungan komputasi apa pun.



Jaringan Rekan ke Rekan
Kemunculan dari teknologi da aplikasi jejaring rekan ke rekan (Peter-to-peer – P2P) untuk internet telah dipuji sebagai sebuah pengembangan yang akan berdampak besar pada bisnis elektronik dan perdagangan komersial serta pada internet itu sendiri.

Sinyal Digital dan Analog
Pada dasarnya, analog atau digital merujuk kepada metode yang digunakan untuk mengubah informasi ke sinyal eketrik. Telepon, mikrofon, instrumen pengukur, pemutar rekaman vinil, pemutar CD, rekaman, komputer, mesin faks, dan lain-lain harus mengubah informasi ke sinyal elektrik dalam beberapa cara, sehingga ia dapat ditransmisikan atau diproses. Sebagai contoh, mikrofon harus meruah gelombang tekanan yang kita sebut suara ke dalam voltase elektrik yang terkorepondensi atau berjalan, yang dapat dikirimkan melalui sambungan telepon, pengeras dalam sistem suara, siaran radio, dan/atau rekaman di beberapa medium.

Media Telekomunikasi
Media telekomunikasi ini termasuk sepasang kawat berpilin, kabel koaksial, dan kabel serat optik, seluruhnya merupakan secara fisik menautkan perangkat dalam sebuah jaringan. Juga termasuk gelombang mikro terestrial, satelit komunikasi, sistem telepon seluler, serta paket dan radio LAN, seluruhnya menggunakan gelombang mikro dan gelombang radio lainnya.

Teknologi Kabel
Adalah medium yang digunakan paling meluas untuk telekomunikasi. Sambungan ini digunakan untuk mendirikan jaringan komunikasi di seluruh dunia untuk transmisi suara dan data.

Teknologi Nirkabel
Teknologi telekomunikasi nirkabel bergantung pada gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, dan denyut cahaya yang terlihat untuk mengirimkan komunikasi digital tanpa kabel antara alat komunikasi.
Teknologi nirkabel termasuk :
-            Gelombang mikro  terestrial
-            Satelit komunikasi
-            Sistem seluler dan PCS
-            LAN nirkabel
-            Bluetooth
-            Situs nirkabel

Prosesor telekomunikasi, seperti modem, multiplexer, switch (saklar), dan router (penerus) melaksanakan berbagai fungsi pendukung antara komputer dan alat lain dalam jaringan telekomunikasi. Marilah kita lihat beberapa prosesor tersebut dan fungsi mereka.
-            Modem : adalah jenis prosesor komunikasi yang paling umum. Mereka mengubah sinyal digital dari sebuah komputer atau terminal transmisi di satu ujung dari sebuah tautan komunikasi ke dalam frekuensi analog yang dapat ditransmisikan melalui sambungan telepon biasa.
-            Prosesor anatarjaringan
Jaringan telekomunikasi yang terhubung oleh prosesor komunikasi bertujuan khusus disebut prosesor antarjaringan, seperti saklar, penerus, pusat, dan gerbang. Sebuah saklar adalah sebuah prosesor komunikasi yang membuat koneksi antara sirkuit telekomunikasi dalam sebuah jaringan.
-            Multiplekser
Sebuah multiplekser (multiplexer) adalah prosesor komunikasi yang memungkinkan sebuah saluran komunikasi tunggal untuk membawa transmisi data yang simultan dari banyak terminal.

Perangkat Lunak Telekomunikasi
Merupakan komponen penting dari semua jaringan telekomunikasi. Telekomunikasi dan perangkat lunak manajemen jaringan dapat ditempatkan dalam PC, server, mainframe, dan prosesor telekomunikasi seperti multiplekser dan penerus. Server jaringan dan komputer lainnya dalam sebuah jaringan menggunakan program tersebut untuk mengelola kinerja jaringan.

Manajemen Jaringan
Contoh-contoh dari fungsi manajemen jaringan utama termasuk :
-            Manajemen lalu lintas
-            Keamanan
-            Pengawasan jaringan
-            Perencanaan kapasitas

Topologi Jaringan
Sebuah jaringan bintang mengikat komputer pengguna akhir ke sebuah komputer pusat.

Arsitektur dan Protokol Jaringan
Hingga saat ini, standar yang mencukupi sedang kekurangan antarmuka di antara perangkat keras, perangkat lunak, dan saluran komunikasi dari jaringan telekomunikasi. Situasi ini menghambat penggunaan dari telekomunikasi, menambah biayanya, dan mengurangi efisiensi dan efektivitasnya. Dalam merespons ini, pabrikasi telekomunikasi dan organisasi nasional serta internasional telah mengembangkan standar yang disebut protokol dan rencana induk yang disebut arsitektur jaringan untuk mendukung pengembangan dari jaringan komunikasi data lanjutan.
-            Protokol
-            Arsitektur jaringan
-            Model OSI

 
Alternatif Bandwidth
Kecepatan dan kapasitas komunikasi dari jaringan telekomunikasi dapat diklasifikasikan sebagai bandwidth. Cakupan frekuensi sebuah saluran telekomunikasi, ia menentukan tingkatransmisi maksimum saluran. Kecepatan dan kapasitas tingkat transmisi data yang biasanya diukur dalam bit per detik (bits per Second-bps). Level ini terkadang merujuk sebagai tingkat unit kecepatan transmisi data, meskipun unit kecepatan transmisi data lebih tepatnya adalah sebuah ukuran dari perubahan sinyal dalam sebuah sambungan transmisi.

Alternatif Peralihan
Layanan telepon biasa bergantung pada peralihan sirkuit, di mana sebuah saklar membuka sebuah sirkuit untuk membuat sebuah tautan antara seorang pengirim dan penerima; itu tetap terbuka sampai sesi komunikasi selesai. Dalam peralihan pesan, sebuah pesan ditransmisikan sebuah blok waktu dari satu alat peralihan ke alat peralihan yang lainnya.


Interoperabilitas Jaringan
Bagian 256 dari UU komunikasi, yang ditetapkan pada bulan Februari 1996, menyatakan dua tujuan penting: (1) “untuk mempromosikan aksesibilitas bebas diskriminatif oleh jumlah pengguna dan penjual produk dan layanan komunikasi paling luas ke jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk menyediakan layanan telekomunikasi”, dan (2) “memastikan kemampuan pengguna dan penyedia informasi untuk mentransmisikan dan menerima informasi dengan mulus dan transparan antara dan seluruh jaringan telekomunikasi.




  
  





  





PENUTUP

            Kesimpulan
            Dari paparan di atas dapat di ambil kesimpulan :
1.      Seiring dengan perkembangan lingkungan bisnis yang rumit dan lingkungan yang dinamis tuntutan terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah sudah menjadi kebutuhan perusahaan untuk memperoleh kemudahan – kemudahan.
2.      Sistem informasi manajemen adalah serangkaian sub sitem informasi yang menyeluruh, terkoordinasi secara rasional dan mentransformasikan data  menjadi informasi dengan berbagai cara sehingga dapat meningkatkan produktifitas.
3.      Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak berhasilnya membagun sistem teknologi informasi dan komunikasi.
4.      Penerapan sistem informasi dan komunikasi bertujuan agar dapat mudah dalam melakukan proses dari input, analisa data menghasilkan informasi yang diinginkan untuk pengambilan eputusan. Dengan demikian perusahaan semakin dapat bersaing karena pengambilan keputusan dapat di lakukan dnat cepat dan akurat dibandingkan oleh pesaing.

Saran

1.      Perlu kerja keras, hasrat atau kemauan untuk mempelajari dan menguasai teknologi informasi terutama bagi karyawan yang gagap teknologi.
2.      Teknologi nformasi dan komunikasi agar dalam penerapannya dengan menggunakan konsep teknologi tepat guna dan user friendl atau mudah dala pengoperasiannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar